Jul 292011
 

em, sedikit tips kali ini, tentang cara untuk membulatkan angka pecahan ratusan ke dalam ribuan. misal,
192.333 dibulatkan menjadi 192.000
174.250 dibulatkan menjadi 174.000
kalau ada pertanyaan, kenapa juga harus dibulatkan? sedangkan angka itu bukan angka pecahan atau desimal. OK, pembulatan seperti ini akan diperlukan untuk perhitungan data keuangan dengan jangkauan angka yang cukup besar. misal, bila kita bicara tentang pembayaran sebuah angsuran, bukankah sangat jarang bila ada angsuran dengan pecahan ratusan rupiah? terlebih jika jumlahnya mencapai jutaan rupiah. 🙂

kasus ini baru saja saya alami ketika saya membuat sebuah sistem keuangan. dan dari situ juga saya ada niat untuk share disini karena ternyata belum banyak yang menulis tentang ini. entah karena ini terlalu sepele sampai terlewatkan atau bagaimana saya kurang tahu. tapi, yah, semoga bermanfaat.:)

cara pembulatan tersebut cukup sederhana. algoritma yang saya pakai adalah membagi angka tersebut dengan angka 1000, kemudian mengalikannya kembali dengan angka 1000. jadi, untuk codenya kira-kira demikian:

angka := (angka div 1000) * 1000;

dimana angka adalah bilangan bertipe integer. apabila berupa bilangan real atau float, maka ditambah trunc() jadinya kira-kira begini untuk angka adalah bilangan real atau float:

angka := (trunc(angka) div 1000) * 1000;

demikian, semoga membantu. 🙂



 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)