Oct 162012
 

kolom autoincrement adalah kolom unik yang memiliki nilai dengan kenaikan berdasar interval tertentu. kolom ini biasanya dipakai untuk dijadikan id sekaligus primary key pada table tertentu.

membuat kolom auto increment pada mysql tentu tidak menjadi masalah yang berarti, karena pada phpmyadmin, anda cukup isi checkbox “A_I” nya. akan tetapi, pada database lain, seperti oracle dan postgresql, membuat kolom auto increment tidak semudah itu. pada oralce (pernah saya tulis sebelumnya) membuat kolom auto increment harus menggunakan squence dan trigger . nah, pada tulisan ini, saya akan membahas cara untuk membuat kolom auto increment pada database postgresql.

tidak seperti oracle yang harus menggunakan squence dan trigger, pada postgresql, cukup menggunakan squence dan melakukan alter pada table dan kolom.

pertama, buat squence dengan : CREATE SEQUENCE <nama_squence>;

kemudian, lakukan alter table dan column dengan perintah :

ALTER TABLE <nama_table>

ALTER COLUMN <nama_kolom>

SET DEFAULT NEXTVAL('nama_squence_yang_telah_dibuat');   

 

ok, selesai… 😀

yah, memang tidak semudah mysql, tapi mungkin sedikit lebih sederhana daripada oracle… 😀

ada pertanyaan? monggo… 😀

 

sumber : ADI DAYA

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)