Dec 012009
 

Abad ini adalah abad yanga menghebohkan dunia dakwah. Banyak pemuda yang turun berjuang dijalan Allah untuk berdakwah, tapi ada pula yang menghabiskan masa mudanya untuk berfoya-foya menuruti hawa nafsunya. Mungkin sudah sunatullah bahwa disitu ada kebaikan pasti ada keburukan. Dan keduanya tidak mungkin dapat disatukan.

Banyaknya pemuda yang berjuang dijalan dakwah merupakan suatu tanda perkembangan umat muslim. Kalau dahulu masjid-masjid masih diramaikan oleh golongan tua, tapi sekarang masjid dipenuhi aktivitas anak-anak, remaja, pemuda yang aktif untuk meramaikan masjid dengan siar islam.

Suatu tanda positif nampak pada kehidupan para pemuda pemudi zaman sekarang. Hal ini mulai terlihat mulai dari cara berpakaian, pola tingkah laku yang mengikuti syari’at islam.

Semua itu tidaklah lepas dari cita-cita dan semangat yang tinggi para pamuda islam yang mulai memahami urgensi dahwah ilahiyah dalam rangka meneladani perjuangan rasulullah SAW untuk menegakkan kalimat Allah di muka bumi ini.

Dr.Yusuf Qardhawi menyatakan bahwa pemuda mencerminkan masa yang mempunyai energi yang tinggi. Suatu fase yang mempunyai semangat dan cita-cita tinggi. Kalau digambarkan pemuda menempati masa pertengahan. Ibarat matahari berada di puncak langit, maka pada saat itu akan terasa lebih panas dibandingkan saat pagi atau sorenya. Dengan demikian, pemuda merupakan masa yang mempunyai energi super dasyat dengan semangat yang menggelora dalam takaran manusia.

Pemuda merupakan bagian dari lapisan masyaraakat yang memiliki wawasan jauh ke depan dan tidaklah mereka pernah merasa puas kondisi yang ada. Pemuda memiliki idealisme yang tinggi, penuh dengan cita-cita dan harapan. Lebih khusus Dr. Yusuf Qardhawi menyatakan bahwa pemuda islamlah pemuda yang sanggup memikul tugas dalam menegakkan panji-panji islam. Pemuda generasi islam menjadi tumpuan harapan dan masa depan umat islam dalam meraih kejayaan islam. Pemuda harapan umat yaitu pemuda beriman yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah pada yang munkar. Sebagaimana dalam firman Allah SWT :

“kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah pada yang munkar dan beriman kepada Allah”.( QS : 03 :10 ).

Dalam hadits nabi disebutkan bahwa ada tujuh golongan yang akan mendapat naungan Allah dalam naunagan-Nya, pada hari itu tiada naungan selain naungan-Nya, salah satunya yaitu ; “pemuda yang tumbuh kembangnya dalam beriabadah kapada Allah”. ( HR Bukhori – Muslim )

Rasulullah mewasiatkan kepada kita melalui sabda beliau :

“ raihlah lima perkara sebelum dating yang lain ( udzur ) yaitu : “ masa mudamu sebelum masa tuamu, masa kayamu sebelum masa miskinmu, mas hidupmu sebelum masa matimu, masa senggangmu sebelum masa sempitmu. ( Hadita Ibnu Abbas r.a riwayat Al – Hakim )

Cara terbaik untuk mewujudkan kejayaan islam adalah dengan dakwah ilallah. Dakwah merupakan kewajiban bagi tiap orang yang mengaku beragama islam. Hal ini dikarenakan bahwa iaslam merupakan dien risalah dan dakwah. Dakwah merupakan totalitas seorang muslim yang meyebutka seluruh aktivitas islam. Sedangkan pengertian dakwah secara hafiah berasal dari kata da’a – yad’u yang berarti menyeru. Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala :

“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan , menyuruh pada yang ma’ruf dan mencegah pada yang mungkar, mereka itulah orang – orang yang beruntung. ( QS : 03 :104 )

Esensi dari dakwah itu sendiri telah diterngkan dalam QS : 02 : 256 – 257, bahwa dakwah islam berarti setiap usaha mengajak manusia membebaskan diri dari segala macam bentuk penghambaan kepada selain Allah, kemudian menyerahkan pengabdiannya hanya keopada – Nya saja, membebaskan diri dari kegelapan jahiliyyah menuju cahaya islam.

Lalu bagaiman ciri – ciri seoarang pemuda yang akan menjadi harapan umat demi menyongsong kajayaan islam ? karakteristik yang harus dimilki seoarang pemuda yang dimaksud diatas yaitu :

a. Seorang pemuda harus menghiasi diri dengan keimanan yang benar.

b. Berdakwah dan berjihad dijalan Allah dengan ikhlas bukan karena selain Allah.

c. Pemuda islam yang memiliki prinsip dasar islam yang kuat dan teguh dalam hiduupnya dan dipegangnya prinsip itu hingga akhir hayat.

d. Selalu terdorong untuk beramal dengan kreativitas dan istiqomah.

e. Siap berkorban dengan harta dan jiwanaya fii sabilillah.

Demikian uraian mengenai sosok pemuada yang menjadi harapan umat dalam rangka mewujudkan kejayaan islam. Mohon koreksi apabila ada kekurangan demi perbaikan dalam dakwah ini. Wallahu a’lam.

Artikel by:
ri_f4i@yahoo.com

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)