Jul 312011
 

OK, sedikit tips saja untuk hari ini. ada kalanya dalam membuat aplikasi kita harus merestart aplikasi itu sendiri, tanpa merestart windows. terlebih jika itu sebuah aplikasi database. misal, ada sebuah aplikasi database. setelah melakukan restore database, maka diperlukan koneksi ulang antara aplikasi dengan database. untuk menghidari error yang tidak diharapkan dan tidak terduga, maka diperlukan restart aplikasi. dan tentu, ini akan menjadi lebih keren dan asyik jika dia bisa merestart dirinya sendiri. kalau anda menemukan kasus seperti ini, maka code yang diperlukan adalah :

ShellExecute(Handle, ‘open’, PAnsiChar(ParamStr(0)), ”, ”, SW_SHOW);
Application.Terminate; // ato bisa pake “Close” aja

o iya, kadang restart terjadi lebih cepat daripada proses import database. jadi, kalau anda menemukan error berupa table yang belum exist, maka diperlukan jeda waktu restart. misal, “restore database berhasil, aplikasi akan restart dalam 5 detik lagi.” dan setelah 5 detik, baru aplikasi restart. untuk hal seperti ini, tentu anda bisa menambahkan komponen timer.

demikian sedikit tips. semoga bermanfaat. 🙂

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)