Jun 062012
 

Bagi sebagian besar orang, tahun kabisat mungkin hanya berarti tahun yang habis dibagi 4. Tapi tahukah, bahwa….

ok… males nulis… ūüėÄ
berikut tulisan yang saya ambil dari http://antidws.com ~> Developer yang Profesional, Bersahabat, dan Terpercaya

——————————————————————–

——————————————————————–

Adakalanya, pembuatan aplikasi harus berhubungan dengan jumlah hari dalam 1 bulan dalam 1 tahun. biasanya diapakai untuk pembuatan laporan keuangan bulanan atau tahunan. Untuk jumlah hari, rasanya tidak ada yang spesial hingga kita menemui tahun kabisat. Pada tahun tersebut, jumlah hari di bulan februari menjadi 29 hari. Mungkin yang sebagian besar orang ketahui adalah, bahwa tahun kabisat adalah tahun yang habis dibagi 4, apabila tahun tersebut tidak habis dibagi 4, maka dia bukan tahun kabisat. Tapi ternyata……..,

ok, g jadi…. untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut saya sertakan penjelasan tentang tahun kabisat yang saya dapatkan dari¬†http://id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Kabisat.

—————————————-

Tahun Kabisat (Bahasa Inggris: Leap Year) adalah sebuah Tahun Syamsiah di mana pada tahun tersebut jumlah hari tidak terdiri dari 365 hari tetapi 366 hari.
Satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari 5 jam 48 menit 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir 1hari (tepatnya 23 jam 15 menit 0,7256 detik.
Maka untuk mengkompensasi hal ini, setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari ekstra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam 48 menit 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000).

Algoritma

Terdapat algoritma mudah untuk menentukan apakah suatu tahun termasuk tahun kabisat atau bukan sebagai berikut:

  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.

Tahun Kabisat menurut definisi ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian (1582).

Pseudocode untuk menentukan suatu tahun merupakan tahun kabisat atau bukan:

if year modulo 4 is 0
   then
       if year modulo 100 is 0
           then
               if year modulo 400 is 0
                   then
                       is_leap_year
               else
                   not_leap_year
       else is_leap_year
else not_leap_year

—————————————————–

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)